Kemenhub Segera Resmikan Dua Bandara di Kalimantan Timur | Liputan 24 Kalimantan Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Kemenhub Segera Resmikan Dua Bandara di Kalimantan Timur

Posted by On 7:12 PM

Kemenhub Segera Resmikan Dua Bandara di Kalimantan Timur

Kemenhub Segera Resmikan Dua Bandara di Kalimantan Timur

Bandara Samarinda Baru atau APT Pranoto adalah bandara pengganti Bandara Temindung yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi

Kemenhub Segera Resmikan Dua Bandara di Kalimantan TimurDok KemenhubBandara APT Pranoto di Kalimantan Timur

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan M. Pramintohadi Sukarno mengatakan, segera meresmikan dua bandara yakni Bandara APT Pranoto dan Bandara Maratua.

"Dalam waktu dekat ini Bandara Samarinda Baru dan Bandara Maratua di Kalimantan Timur akan diresmikan," jelas Pramintohadi dalam keterangan res minya, Rabu (24/10/2018).

Bandara Samarinda Baru atau APT Pranoto adalah bandara pengganti Bandara Temindung yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi.

Hal ini karena Bandara Temindung berada di linkungan yang padat penduduk dan menjadi langganan banjir ketika musim hujan datang.

“Bandara APT Pranoto hadir menggantikan Bandara Temindung untuk melayani kebutuhan transportasi udara masyarakat Samarinda dan sekitarnya, serta mempercepat perkembangan dan pemerataan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur," jelas Pramintohadi.

• Berada di Zona Merah Rawan Bencana, Bengkulu Butuh Banyak Alat Deteksi Tsunami

Awal beroperasi, Bandara APT Pranoto melayani rute penerbangan dan penumpang yang selama ini beroperasi di Bandara Temindung, dan juga melayani penumpang dari Bandara Sepinggan Balikpapan karena 80 persen penumpang Sepinggan berasal dari sekitar Samarinda.

Saat ini, Bandara APT Pranoto memiliki ukuran runway 2.250 m x 45 m, taxiway berukuran 173 x 23m, apron 300 m x 123 m, dan mampu melayani pesawat Boeing 737-900 ER.

Adapun di sisi darat telah dibangun gedung terminal seluas 12.700 m2 mampu menampung penumpang dengan kapasitas 1.500.000 orang tahun serta gedung hanggar seluas 36.342 m2.

Sedangkan, Bandara Maratua telah beroperasi dan memiliki fasilitas yang sudah lengkap.

• Kajati Jabar Raja Nafrizal dan Gubernur Ridwan Kamil Luncurkan Jaksa Sahabat Guru, Ini Tujuannya

Bandara yang sudah beroperasi sejak 2017 ini telah memiliki landas pacu berukuran 1.600 m x 30 m, taxiway dengan ukuran 75 m x 15 m dan apron 70 m x 100 m sehingga pesawat jenis ATR 72 dapat dilayani dengan baik di bandara ini.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Putradi Pamungkas Sumber: Kompas.com Ikuti kami di Ajak Kencan Istri Orang Tengah Malam, Pria di Pati Juga Tantang Duel Suaminya hingga Tewas Dibacok Sumber: Berita Kalimantan Timur

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »