Wow! Pulau Spongebob Ada di Kalimantan Timur | Liputan 24 Kalimantan Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Wow! Pulau Spongebob Ada di Kalimantan Timur

Posted by On 5:03 AM

Wow! Pulau Spongebob Ada di Kalimantan Timur

TAHU pulau Bikini Bottom di film Spongebob Squarepants? Sebuah pulau kecil berpasir putih di pesisirnya dengan pohon-pohon kelapa menjulang terhampar di tengah lautan biru bening. Amat terpencil tapi indah menggoda kan? Ternyata pulau seperti dalam film kartun itu benar-benar ada di kehidupan nyata lo.

bikini bottom island
Mungkinkah ada pulau seperti Bikini Bottom? (foto: Spongebob-wikia)

Di Berau, Kalimantan Timur, sebuah pulau bernama Manimbora punya tampilan yang persis banget dengan pulau atol di atas Bikini Bottom tersebut. Pulaunya tak begitu besar kok. Dari kapal saja, bentuk keseluruhan pulau akan terlihat jelas. Bahkan, jika mau, kamu bisa mengelilingi seluruh pulau hanya dalam 30 menit.

Dengan l uas yang tak lebih dari dua kali lapangan voli, pulau ini tak berpenghuni. Meskipun demikian, bukan berarti kamu enggak bisa berwisata ke sini lo. Pulau Spongebob, demikian seorang wisatawan Jerman menjuluki pulau ini, terletak di jalur wisata menuju dan dari Derawan, Kalimantan Timur. Dengan begitu, jika berniat melancong ke Derawan, kamu bisa mampir ke pulau unik ini saat berangkat ataupun pulang dari Derawan.

pulau manimbora
Pulau Manimbora tak terlalu luas. (foto: Instagram @beautiful.borneo)

Saat mengunjungi Pulau Manimbora, banyak hal seru yang bisa kamu lakukan. Berenang di pantai berpasir putihnya sudah pasti harus kamu lakukan. Terlebih, ombak di pulau ini terbilang kecil. Kamu juga bisa berfoto di pesisir pulau ini. Ketika air laut sedang rendah, hamparan pasir putih akan memanjang ke tengah laut de ngan laguna di tepinya. Jangan lewatkan spot foto di hamparan pasir putih itu. Kmau akan terlihat seolah-olah berdiri di laut lepas.


Permakaman suku Bajo

pulau manimbora
Pulau Manimbora tak berpenghuni. (foto: Instagram @asia_raikonen)


Setelah berfoto dan berenang, jika kamu cukup berjiwa petualang, berkeliling pulau saja. Banyak hal seru yang bisa kamu temukan di Pulau Manimbora, salah satunya tengkorak manusia. Tengkorak memang terlihat berserakan di beberapa tempat di pulau ini.

Bagaimana bisa ada tengkorak manusia di pulau tak berpenghuni?

pulau manimbora
Tengorak manusia berserakan di Pulau Manimbora. (foto: Instagram @kantifi ona)

Tengorak itu bukanlah milik para bajak laut yang mati disana, melainkan milik suku Bajo. Suku pengarung lautan tersebut memang kerap memanfaatkan Pulau Manimbora sebagai permakaman bagi warga mereka yang wafat. Beberapa tengkorak dilengkapi papan nisan, sedangkan yang lain ada hanya dibiarkan berserak di pulau tersebut. Menarik sekaligus membuat merinding, ya.

Bahkan, jika beruntung, waktu berkunjung ke Pulau Manimbora, kamu akan melihat acara ritual tahunan oleh warga lokal. Beberapa sesajen dan ritual dilakukan di sini.


Hanya untuk singgah

Pulau manimbora
Wajib singgah saat akan atau setelah mengunjungi Derawan. (foto: Instagram @hendisyahputra)

Mengingat Pulau Manimbora tak berpenghuni, amat tak disarankan untuk menginap di sin i. Datanglah di pagi hari atau sesaat sebelum matahari terbenam. Selain itu, saat berkunjung, pastikan kamu membawa segala yang diperlukan. Semisal, makanan dan minuman, topi, hingga alas duduk.

pulau manimbora
Jangan lewatkan berfoto dengan pemandangan indah pulau. (foto: Instagram @wanderdiva)

Meskipun persiapan ke pulau ini bikin repot, pengalaman yang kamu dapat ketika mengunjungi 'Pulau Spongebob' ini sebanding kok.(dwi)

Sumber: Berita Kalimantan Timur

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »