Kuliner Olahan Nasi yang Wajib Dicoba di Kalimantan Timur | Liputan 24 Kalimantan Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Kuliner Olahan Nasi yang Wajib Dicoba di Kalimantan Timur

Posted by On 9:33 AM

Kuliner Olahan Nasi yang Wajib Dicoba di Kalimantan Timur

KALIMANTAN Timur tak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan keseniannya. Bumi Mulawarman juga merupakan provinsi di Pulau Kalimantan yang memiliki sejuta kuliner tradisional.

Kalau kamu melancong ke Kaltim, tak lengkap kalau tak melengkapi perjalanan kamu dengan berwisata kuliner. Ada banyak pilihan kuliner di sana, dari penganan, olahan ikan atau daging, sayur, dan olahan nasi sebagai makanan pokok.

Makanan khas Kaltim bercitarasa pedas, meski tak sepedas masakan daerah lain seperti Manado atau Sumatera Barat. Penggunaan bumbu beragam dan bahan-bahan yang dari alamnya membuat kuliner provinsi beribu kota Samarinda ini terkenal.

Berikut merahputih.com sajikan tiga olahan nasi khas Kalimantan Timur yang wajib kamu coba saat melancong ke sana.

1. Nasi Bekepor

Nasi bekepor. (Foto: facebook.com/warongseleraacilinunsamarinda)
Nasi bekepor. (Foto: facebook.com/warongseleraacilinunsamarinda)

Pencicipi nasi bekepor pasti sekaligus mencoba sambal raja. Sambal raja selalu ada dalam sajian nasi bekepor. Nasi ini semacan nasi liwet atau uduk di daerah-daerah lain. Namun, pengolahan yang berbeda dan penggunaan bumbu rempah yang lebih kaya menjadikannya lebih spesial.

Nasi bekepor juga disajikan dengan lauk pauk, sambal, dan sayuran sama seperti nasi biasa. Nasi bekepor hingga kini bertahan dan terus dipopulerkan sebagai makanan tradisional Kalimantan Timur.


2. Nasi Kuning

Nasi kuning khas Samarinda. (Foto: instagram@marninov)
Nasi kuning khas Samarinda. (Foto: instagram@ma rninov)

Nasi kuning Kalimantan Timur, tepatnya dari Samarinda, bercitarasa sangat gurih dengan penggunaan santan. Sementara lauk pauk, ada penggunaan ikan gabus yang menjadi ciri khasnya.

Ikan gabus atau haruan dalam bahasa lokal merupakan ikan khas di perairan darat Samarinda. Ikan haruan dalam nasi kuning diolah dengan bumbu merah.


3. Pulut Nasi

Pulut nasi yang cocok dilahap dengan sambal. (Foto: facebook.com/IndonesiaKaya)
Pulut nasi yang cocok dilahap dengan sambal. (Foto: facebook.com/IndonesiaKaya)

Pulut nasi sejenis menu sarapan yang disajikan dalam porsi kecil. Pulut nasi dibuat dari beras yang dikukus seperti lontong dibungkus pisang, tapi dibentuk seperti pepes tahu/ikan.

Pulut nasi tepatnya berasal dari Kabupaten Kuta. Rasanya t erkenal gurih dan pedas dari sambal yang menjadi pelengkap wajib. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pepes Kepiting, Sajian Paling Maknyus dari Kalsel

Sumber: Berita Kalimantan Timur

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »