Buka Diskusi Pariwisata, Walikota Balikpapan Sebut Tempat Wisata ... | Liputan 24 Kalimantan Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Buka Diskusi Pariwisata, Walikota Balikpapan Sebut Tempat Wisata ...

Posted by On 6:04 AM

Buka Diskusi Pariwisata, Walikota Balikpapan Sebut Tempat Wisata ...

Buka Diskusi Pariwisata, Walikota Balikpapan Sebut Tempat Wisata Lain di Kaltim Harus Dibantu

gerbang utama Balikpapan menjadi pintu masuk bagi siapa saja yang akan melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur maupun Kalimantan Utara.

Buka Diskusi Pariwisata, Walikota Balikpapan Sebut Tempat Wisata Lain di Kaltim Harus DibantuTribun Kaltim/Rachmad SujonoPembukaan acara Diseminasi dan Diskusi Publik bertema "Mendorong Sektor Pariwisata Kota Balikpapan sebagai City of Borneo" di Novotel Balikpapan pada Rabu (5/9/2018) pagi.

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN - Kawasan Bali kpapan selama ini dianggap sebagai gerbang utama dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Hal ini menjadi potensi bagi kemajuan dunia pariwisata kota minyak Balikpapan.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi, mengungkapkan hal tersebut dalam pembukaan acara Diseminasi dan Diskusi Publik bertema "Mendorong Sektor Pariwisata Kota Balikpapan sebagai City of Borneo" di Novotel Balikpapan pada Rabu (5/9/2018) pagi.

Dia menjelaskan, gerbang utama Balikpapan menjadi pintu masuk bagi siapa saja yang akan melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur maupun Kalimantan Utara.

Seandainya di tiap daerah kabupaten kota di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara mengalami kunjungan orang atau wisatawan pastinya Balikpapan terkena imbasnya.

Baca: M Taufik Beri Ancaman Ini Kepada KPU DKI jika Namanya tak Masuk Daftar Caleg

"Kita melihat jangan Balikpapan saja tapi juga harus kita ikut bantu memajukan daerah wisata daerah lain," tegasnya .

Saat orang mau datang ke Tarakan atau berwisata ke Berau maka Balikpapan kena pengaruhnya juga, mendapat dampak baik yang menggemberikan bagi sektor pariwisata.

Karena itu, dia menegaskan, untuk kegiatan promosi dan peningkatan kualitas infrastruktur pariwisata tidak hanya sekedar di daerah Balikpapan namun berharap juga merata di berbagai daerah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

"Zaman sekarang masjid atau pondok pesantren saja bisa dikemas jadi tempat wisata. Acara-acara pertemuan dan olaraga juga bisa. Contoh Asian Games yang kita selenggarakan sukses, negara kita dikenal. Ada wisatawan," ungkapnya.

Baca: Guntur Romli, Politisi PSI Menyebutkan tak Ada Penolakan untuk Ustadz Abdul Somad

Mengacu pada hasil olahan data Dinas Pariwisata, Rizal sebutkan, dalam setahun, Provinsi Kaltim dikunjungi 70 ribu wisatawan mancanegara. Angka total ini terdiri 40 ribu singgah nikmati di Kota Balikpapan dan sebanyak 20 r ibu wisatawan datang ke Berau dan sisa lainnya ke daerah lain.

Sementara, Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diperoleh Pemkot Balikpapan, rata-rata bisa sentuh mencapai sekitar Rp 600 miliar. Angka ini diperoleh terdiri sektor wisata yang setiap tahunya bisa sentuh angka Rp 130 sampai Rp 150 miliar, diperoleh dari perhotelan, rumah makan dan destinasi wisata.

Penulis: Budi Susilo Editor: Januar Alamijaya Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Bintara Polisi Dianiaya Dua Seniornya hingga Tewas di Sultra, Terungkap Motif Pelaku Sumber: Berita Kalimantan Timur

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »