Mulai Hari Ini Warga Sudah Bisa Ambil SIM di Polres Kabupaten ... | Liputan 24 Kalimantan Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Mulai Hari Ini Warga Sudah Bisa Ambil SIM di Polres Kabupaten ...

Posted by On 11:58 AM

Mulai Hari Ini Warga Sudah Bisa Ambil SIM di Polres Kabupaten ...

Mulai Hari Ini Warga Sudah Bisa Ambil SIM di Polres Kabupaten/Kota Wilayah Kalimantan Utara

Warga yang mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) pada pekan pertama bulan Juli 2018 sudah bisa mendapatkan SIM asli mulai hari ini Senin (27/8/2018).

Mulai Hari Ini Warga Sudah Bisa Ambil SIM di Polres Kabupaten/Kota Wilayah Kalimantan UtaraTribun Kaltim/Muhammad ArfanSalah satu proses administrasi di Satpas SIM Polres Bulungan diabadikan beberapa waktu lalu.

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Warga yang mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) pada pekan pertama bulan Juli 2018 sud ah bisa mendapatkan SIM asli mulai hari ini Senin (27/8/2018), di Polres Kabupaten/Kota masing-masing.

Kepala Seksi Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) Dirlantas Polda Kalimantan Utara, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sarwidodo mengatakan, material blangko SIM dari Mabes Polri yang ditunggu-tunggu masyarakat sudah diterima Polres setempat.

"Yang mengurus SIM di pekan pertama bulan Juli sudah bisa mengambil SIM-nya hari ini di Polres masing-masing. Yang mengurus pekan kedua, bisa diambil besok. Pekan seterusnya begitu," kata AKP Sarwidodo saat dikonfirmasi Tribun Kaltim, Senin (27/8/2018).

Masyarakat yang mengurus kebanyakan meminta perpanjangan SIM. Mereka diberi SIM sementara dari kepolisian untuk menghindari tilang. Demikian juga terhadap pemohon SIM baru.

Baca: Bupati Bandung Barat Nonaktif Abubakar Terima Setoran Rp 860 Juta dari Para Kepala Dinas

"Yang perpanjangan ini, supaya tidak mati SIM-nya, mereka s udah bayar PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) sesuai ketentuan undang-undang," katanya.

Material yang datang untuk Bulungan dan Tarakan masing-masing 1.000 keping blangko. Adapun Nunukan dan Malinau masing-masing kebagian alokasi 500 keping material.

Sarwidodo menjelaskan, yang masih kekurangan material adalah Kota Tarakan karena ada sebanyak 1.700-an daftar antre.

Sedang alokasi material dari Mabes Polri hanya sebanyak 1.000 keping.

"Tetapi dalam waktu minggu-minggu ini juga material akan datang kembali," kata dia.

Sebagai Polda baru, struktur birokrasi pendistribusian material SIM, tidak langsung dari Mabes Polri ke Polda Kalimantan Utara. Melainkan dari Korlantas Mabes Polri ke Polda Kalimantan Timur.

"Dari Kalimantan Timur turunnya ke Polda Kalimantan Utara. Tidak langsung dari Mabes. Jadi agak lambat. Tetapi mudah-mudahan tahun depan sudah bisa langsung ke sini," kata dia. (Wil)

Editor: Dewi Agustina Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Video Ulah Atlet Pencak Silat Malaysia Tidak Sportif, Tendang Kontingen Singapura Nyaris Bikin Ribut Sumber: Berita Kalimantan Timur

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »