Naiknya Harga Telur di Balikpapan Disebut Karena Pengaruh Dolar | Liputan 24 Kalimantan Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Naiknya Harga Telur di Balikpapan Disebut Karena Pengaruh Dolar

Posted by On 8:34 PM

Naiknya Harga Telur di Balikpapan Disebut Karena Pengaruh Dolar

Naiknya Harga Telur di Balikpapan Disebut Karena Pengaruh Dolar

kasus sama dengan harga daging ayam saat bulan Ramadan kemarin, karena pada saat menjelang Lebaran kebutuhan harga ayam banyak

Naiknya Harga Telur di Balikpapan Disebut Karena Pengaruh DolarTRIBUN KALTIM/BUDI SUSILOPedagang telur ayam negeri di Jalan Satu, Kelurahan Gunung Samarinda, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kaltim pada Kamis (12/7/2018) pagi.

TRIBUNKALTIM.CO - Pasca Lebaran, harga telur ayam di pasar tradisonal naik sangat drastis. Sebelumnya harga telur ini berkisar Rp 1.400 perbutir naik menjadi Rp 1.900 sampai Rp 2.000 perbutir.

Kepala Dinas Perdagangan Pemkot Balikpapan M. Saufan menjelaskan penyebab harga telur naik karena harga dolar juga naik.

"Harga telur ayam itu karena dolar naik, stok telurnya juga kurang. Penyebab salah satunya harga dolar naik. Logikanya memang begitu. Harga dolar naik diikuti harga telur pun ikut naik," kata Saufan yang ditemui Tribun Kaltim usai rapat Pagi di Kantor Pemkot Balikpapan, Senin (16/7/2018).

Baca: Penjelasan Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara tentang Pernikahan Mereka di Bhutan

Saufan menyebutkan, bahwa di Jawa harga telur ayam saat ini juga lagi naik, sebabnya banyak salah satunya adalah pakan (makan) ayam ternak naik.

Menurut Saufan, kasus sama dengan harga daging ayam saat bulan Ramadan kemarin, karena pada saat menjelang Lebaran kebutuhan harga ayam banyak. Maka harga daging ayam yang naik.

"Sekarang ini diikuti harga telur. Naiknya sekitar 30 persen. Biasanya harga ayam yang perbutir Rp 1.700 sekarang naik Rp 1.900 perbutir," ungkap Sau fan.

Baca: Lagu Piala Dunia 2018 - Meriahnya Upacara Penutupan Piala Dunia 2018, Ada Will Smith hingga Lagu EXO

Kenaikkan harga telur ayam ini sejak minggu lalu ketika produktivitas turun.

"Teman saya distributor telur mengatakan, harga telur Rp 26.000 perkilo. Kalau di sini (Balikpapan), satu piringnya sudah sekitar Rp 50.000," ucapnya.

Sementara, untuk kebutuhan telur di Balikpapan sekitar 300 ton perbulan. Kebanyakkan stok telur dari Surabaya.

"Kalau di Kaltim peternak ayam biasanya ada di wilayah Kutai Kartanegara. Kalau di Balikpapan sendiri jarang ada, karena tidak ada lahan. Di Balikpapan perternak ayam hanya sekitar 10 orang, tidak banyak," kata Saufan.

Penulis: Siti Zubaidah Editor: Januar Ala mijaya Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Dengar Suara Tangisan, Pria di Lampung Kaget Lihat Istri Bunuh Kedua Anak Kandungnya Sumber: Google News | Liputan 24 Balikpapan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »