GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Libur Akhir Pekan Ada Perekaman e-KTP di Balikpapan, Begini ...

Libur Akhir Pekan Ada Perekaman e-KTP di Balikpapan, Begini ...

Pilgub Kaltim 2018 Libur Akhir Pekan Ada Perekaman e-KTP di Balikpapan, Begini Antusias Masyarakat Sejauh ini, masyarakat yang mengajukan perekaman data …

Libur Akhir Pekan Ada Perekaman e-KTP di Balikpapan, Begini ...

Pilgub Kaltim 2018

Libur Akhir Pekan Ada Perekaman e-KTP di Balikpapan, Begini Antusias Masyarakat

Sejauh ini, masyarakat yang mengajukan perekaman data tidak sebesar pada tiga hari sebelumnya pasca libur lebaran Idul Fitri.

Libur Akhir Pekan Ada Perekaman e-KTP di Balikpapan, Begini Antusias MasyarakatTRIBUN KALTIM/BUDI SUSILOWarga mendatangi kantor Disdukcapil Balikpapan untuk perekaman data e-KTP, di hari libur akhir pekan, Minggu (23/6/2018) siang.

Laporan Wartawan Tribunkaltim Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Memasuki liburan akhir pekan Sabtu dan Minggu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan menggelar perekaman data untuk Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Pengamatan Tribunkaltim, Minggu (23/6/2018), sejauh ini pelaksanaan perekaman data di akhir pekan berlangsung di kantor Disdukcapil, Jalan MT Haryono, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Sejauh ini, masyarakat yang mengajukan perekaman data tidak sebesar pada tiga hari sebelumnya pasca libur lebaran Idul Fitri.

Hasbullah Helmi, Sekretaris Disdukcapil Balikpapan, jumlah warga yang mengajukan perekaman data tidak mencapai ratusan orang, totalnya hanya puluhan orang.

Baca: Rawan Banjir, Distribusi Logistik untuk Satu Kecamatan Diselesaikan Sehari

"Kemarin (Sabtu) ada 93 orang yang merekam data e-KTP. Hari ini sampai siang sudah capai 64 orang, sampai sore bisa terus bertambah," ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya dengan kondisi tersebut tidak patah arang, tetap bersemangat menggelar pelayanan perekaman data seca ra maksimal.

Menurut Helmi, pelayanan yang diberikan pun tidak berkurang sama sekali, tetap sama seperti hari-hari sebelumnya.

Pembuatan perekaman data e-KTP ini tidak dipungut biaya, alias gratis.

Baca: Telusuri Pelanggaran 2 Paslon, Bawaslu Berangkat ke Kukar

Karena itu, imbuh Helmi, masyarakat yang mengurus perekaman data di hari Sabtu dan Minggu tidak dikenakan biaya.

Jika ada pegawai atau oknum melakukan pungutan liar bisa dilaporkan segera.

Pembukaan layanan perekaman data di akhir pekan merupakan upaya Dinas Catatan Sipil Kota Balikpapan bersama Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Timur mensukseskan pemilihan kepala daerah pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

"Upaya angka partisipasi pemilih bisa berjumlah besar," tutur Helmi.

Baca: Bupati Lepas Keberangkatan Logistik Pilkada, 7 Kecamatan Terjauh Diprioritaskan

Mengingat selama ini ada hal yang menjadi kendala masyarakat tidak bisa memilih karena belum melakukan perekaman data karena itu untuk menampung atau mengakomodasi pihaknya menggelar pelayanan perekaman data di akhir pekan.

"Tidak tahu kenapa yang ngerkam di akhir pekan lebih sedikit dari hari sebelumnya. Intinya kami buka pelayanan dan siap melayani saja," ungkapnya. (*)

Penulis: Budi Susilo Editor: Trinilo Umardini Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Video Syur Mirip Dirinya Beredar, Aura Kasih: Sepasaran Itu Kah Muka Aku Sumber: Google News | Liputan 24 Balikp apan

No comments