BPR Pecat Karyawan Lalai Input Data Nasabah | Liputan 24 Kalimantan Timur
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

BPR Pecat Karyawan Lalai Input Data Nasabah

Posted by On 6:08 AM

BPR Pecat Karyawan Lalai Input Data Nasabah

BPR Pecat Karyawan Lalai Input Data Nasabah

Senin, 04 Juni 2018 Jam: 20:37:16 WIBBPR Pecat Karyawan Lalai Input Data NasabahSuasana Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPRD Bontang dengan Bank BPR Bontang Sejahtera dan nasabah yang dirugikan akibat kesalahan input data, di Kantor Sekretariat DPRD Bontang, Senin (4/6/2017).

KLIKBONTANG.COM â€" Nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bontang Sejahtera, Lilis Sulastri mengadukan bank pelat merah ini ke Komisi II DPRD Bontang. Pasalnya, oknum BPR Sejahtera menginput nama korban untuk pengajuan kredit sebanyak lima kali, tanpa sepengetahuan nasabah bersangkutan.

Naas, dua dari kredit yang meng atasnamakan korban bermasalah. Akibatnya, nama korban masuk dalam daftar hitam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai kreditur bermasalah. Pihak korban merasa dirugikan, sebab tak mampu mengajukan kredit ke bank lainya.

Temuan ini terungkap saat Komisi II DPRD Bontang, menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan korban, serta perwakilan dari Bank BPR Bontang Sejahtera, di kantor Sekretariat DPRD Bontang, Senin (4/6) siang.

Wakil ketua Komisi II, Arif yang ditemui usai menghadiri rapat menjelaskan bahwa total pengajuan kredit fiktif atas nama korban sebanyak 5 kali. Padahal nasabah bersangkutan, hanya 3 kali mengajukan kredit ke bank pelat merah ini.

Sayangnya, dari 5 pengajuan kredit fiktif yang tercatat di sistem. Dua diantaranya menunggak beberapa bulan. Akibatnya nama nasabah masuk dalam daftar hitam OJK. Total kredit fiktif yang diajukan mencapai puluhan juta rupiah.

“Ada oknum di BPR yang menggunakan nama nasabahnya untuk meminjam,” kata Arif saat ditemui usai rapat tersebut.

Kata Arif, dari hasil rapat tersebut diketahui oknum BPR Bontang Sejahtera telah di-PHK. Manajemen Bank BPR yang hadir, Yunita menuturkan telah mengusulkan penghapusan nama nasabahnya dari daftar hitam OJK. Pihaknya pun janji memperbaiki sistem pengajuan kredit di internal perusahaan mereka.

Lebih lanjut, Arif berharap agar penyelesaian masalah ini tak berlanjut ke ranah hukum. Pihaknya mengusulkan agar permasalahan ini diselesaikan dengan asas kekeluargaan. Komisi II DPRD Bontang mengaku siap memfasilitasi mediasi apabila dibutuhkan untuk penanganan lanjutan perkara ini.

“Kami akan hadirkan OJK cabang Samarinda, Komisaris BPR Bontang Sejahtera dan Badan Pengawas Perusda Bontang untuk memediasi masalah ini,” ungkapnya.

Pun demikian, apabila pihak korban tetap memperkarakan hal ini ke ranah hukum. Komisi II DPRD Bontang menarik diri, sebab persoalan tersebut menjadi wewenang dari penegak hukum.

BPR Sebut Kesalahan Input Data di Sistem

DIREKTUR Bank BPR Bontang Sejahtera Yudi Lesmana menyanggah adanya oknum mengatasnamakan nasabah untuk pengajuan kredit. Menurutnya, kejadian ini terjadi akibat kesalahan input data pada Sistem Informasi Debitur (SID). Sebab, sistem ini baru kali pertama diakses oleh BPR.

“Itu bukan ada oknum yang pakai nama nasabah. Tapi kesalahan input saja oleh karyawan kami,” kata Direktur BPR Yudi saat dikonfirmasi melalui sambungan teleponya.

Dia mengaku, kesalahan tersebut murni karena human error. Pihaknya pun telah mengambil sikap tegas atas kelalaian karyawannya. Kedepan managemen lebih berhati-hati dalam proses peng-input-an data para nasabah.

Dia menambahkan, pihaknya mengaku telah bertemu dengan OJK untuk mengklarifikasi kesalahan tersebut. Pihak OJK juga telah memuihkan nama nasabah yang menjadi korban akibat kesalahan ini.

“Kami juga sudah menghadap OJK atas kesalahan ini dan semuanya sudah selesai,” ujarnya. (*)

Reporter : Ichwal Setiawan Editor : Suriadi Said

Baca Juga

  • Catat ! Operasi Zebra Kota Bontang Target 600 Tilang
  • Bocah asal Bontang Ini jadi Penghafal Alquran Termuda di MHQ 2017
  • BCC Siap Digelar 5 November, Tema dan Rute Sudah Disiapkan
  • Dewan Kecewa Petugas RSUD Bontang Bekerja sambil Main Ponsel
  • Dibuka Hari Ini, Ratusan Stan Ramaikan Bontang City Expo

Sumber: Google News | Liputan 24 Bontang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »