Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Disperindag Balikpapan Ambil Sampel Sarden, Pastikan soal ...

Posted by On 3:38 PM

Disperindag Balikpapan Ambil Sampel Sarden, Pastikan soal ...

Disperindag Balikpapan Ambil Sampel Sarden, Pastikan soal Makarel Positif Parasit Cacing

Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perdagangan (Disperindag) telah melalukan pemeriksaan terhadap beberapa sampel sarden

Disperindag Balikpapan Ambil Sampel Sarden, Pastikan soal Makarel Positif Parasit CacingYouTubeAda cacing pita di ikan makarel kalengan.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perdagangan (Disperindag) telah melalukan pemeriksaan terhadap beberapa sampel sarden yang dijual pasaran dan supermarket, Jumat (30/3).

Pengambilan sampel sarden makarel paska kabar yang beredar di media sosial (medsos) dan media online tentang ikan makarel yang positif mengandung parasit cacing atau cacing jenis Anisakis Sp.

Kepala Disperindah Kota Balikpapan M Saufan kepada Tribun mengungkapkan, di Balikpapan beredar ikan sarden berbagai merek, tetapi bukan merek seperti yang dijual Jawa dan Riau. "Tim disperindah telah turun ke toko-toko yang menjual ikan sarden untuk mengecek langsung," ujarnya.

Baca: Meluas Kabar Penemuan Sarden Bercacing, Sejumlah Pedagang Risau Sardennya Tak Laku

Pengecekan sampel sarden melibatkan Disperindag, Dinas Kesehatan Kota, dan BPOM Samarinda. "Saat ini kami telah mengambil sampel berbagai macam merk ikan sarden untuk diperiksa di laboratorium BPOM Samarinda," kata Saufan,

Nantinya lanjut Saufan, hasil pemeriksaan sampel sarden dari BPOM Samarinda sudah keluar akan segera diinfokan kepada masyarakat. "Nanti apabila hasilnya keluar saya infokan, atau bisa langsung hubungi BPOM Samarinda," ungkapnya.

Se mentara itu, belum lama ini, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) Samarinda telah turun ke lapangan untuk memastikan kabar tentang ikan makarel yang mengandung parasit cacing.

Baca: Pastor Antonio Basuh dan Cium Kaki 12 Umat

Fanani, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) Samarinda saat dikonfirmasi, Tribun, Jumat (23/3) menjelaskan, tim sudah turun ke beberapa kabupaten/kota. "Tim dibagi- bagi. Turun ke lapangan sudah sejak beberapa hari lalu. Tim turun untuk memastikan ada atau tidaknya produk demikian di Kaltim," ucapnya.

Dikemukakan, sampai dengan pemeriksaan dan pengecekan terkahir, belum ada satupun indikasi produk makarel ataupun sarden seperti yang ada di media sosial yang diketemukan tim dari BB POM. "Sampai saat ini masih belum ada," ucap Fanani.

Baca: Ini Dia 7 Merek Air Mineral Dalam Kemasan Paling Tenar di Dunia, Ada Produk Indonesia?

Metode pemeriksaan dan pengecek an dilakukan merata mulai toko-toko kelontong kecil hingga masuk retail besar. Ia pun meminta, jika ada masyarakat yang mengetahui dan bisa membuktikan adanya keberadaan sarden yang mengandung cacing tersebut, bisa langsung melaporkan ke BB POM Samarinda, atau pihak terkait lainnya. (*)

Penulis: Siti Zubaidah Editor: Sumarsono Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Sempat Berseteru dengan Krisdayati 8 Tahun Lalu, Begini Potret Mantan Istri Raul Lemos Sekarang Sumber: Google News | Liputan 24 Balikpapan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »